Pengertian Akomodasi

Posted on

Pengertian Akomodasi – Hai sahabat bagipengetahuan.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Akomodasi dimana dalam hal ini mengenai Pengertian, Menurut Para Ahli, Bentuk, Tujuan dan Jenis, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Akomodasi
Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi

Bika diterjemahkan secara singkat, akomodasi adalah upaya untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan jika diartikan secara luas, pengertian akomodasi ialah upaya sengaja untuk memutus atau bahkan menyelesaikan perselisihan yang terjadi antara dua pihak.

 

Menurut Para Ahli

 

Menurut Gillin dan Gillin

Suatu proses dalam hubungan sosial yang mengarah pada adaptasi sehingga antar individu atau kelompok terdapat hubungan yang saling beradaptasi untuk mengatasi ketegangan.

Menurut Soerjono Soekanto

Sebagai suatu proses, akomodasi yaitu upaya manusia untuk meredakan atau menghindari konflik guna mencapai stabilitas.

 

Bentuk Akomodasi

Bentuk akomodasi sebagai suatu proses biasanya terdiri dari berikut ini:

1. Mediasi ( Mediation )

Mediasi merupakan akomodasi yang dilakukan dengan bantuan pihak ketiga yang netral.

Bentuk mediasi ini mirip dengan arbitrase, namun pihak ketiga hanya membantu serta tidak memiliki kewenangan untuk membebankan apapun kepada kedua pihak yang berkonflik tersebut.

Bantuan ini berupa saran atau pendapat. Contoh mediasi adalah pemerintah Finlandia yang membantu menyelesaikan masalah antara pemerintah Indonesia dan G4M.

2. Kompromi

Kompromi merupakan akomodasi yang dilakukan oleh masing-masing pihak yang sedang berkonflik agar kedua belah pihak mengurangi tuntutan bersama sehingga konflik dapat diselesaikan.

Saat mencapai kompromi, kedua belah pihak harus memahami keadaan masing-masing. Contoh kompromi adalah antar parpol saat pemilu.

3. Toleransi

Toleransi merupakan akomodasi yang dilakukan sedemikian rupa sehingga masing-masing pihak saling menerima sehingga perselisihan dapat ditiadakan.

Toleransi umumnya tidak dapat terjadi secara langsung dan tanpa paksaan, Toleransi umumnya terjadi karena hati nurani masing-masing pihak. Contoh toleransi adalah toleransi antar umat beragama.

4. Koersi (Coercion)

Koersi merupakan akomodasi yang dilakukan karena paksaan, Koersi bisa dilakukan bila salah satu pihak lebih lemah. Koersi bisa bersifat psikologis atau fisik.

Contoh Koersi ialah perbudakan, dimana budak adalah seseorang yang menganggap dirinya lebih lemah dari tuannya sehingga majikannya dapat melakukan apa saja terhadap budaknya.

5. Arbitrasi (Arbitration)

Arbitrasi merupakan akomodasi yang dibuat menggunakan pihak ketiga yang tidak terlibat langsung dalam konflik. Pihak ketiga ini harus memiliki kewenangan lebih untuk menyelesaikan masalah antara pihak yang berkonflik.

Pemerintah merupakan salah satu dari pihak ketiga ini. Contoh arbitrase adalah penyelesaian masalah antara pekerja dan pemiik perusahaan oleh pemerintah.

6. Ajudikasi

Ajudikasi merupakan penyelesaian sengketa antara kedua belah pihak di suatu pengadilan. Di pengadilan, hakim dapat mengadili sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.

Masing-masing pihak harus dapat menerima keputusan pengadilan atau banding sesuai aturan. Contoh ajudikasi ialah penyelesaian kasus sengketa Kepemilikan Rumah/Tanah di pengadilan.

7. Stalemate

Stalemate merupakan kondisi di mana perselisihan dihentikan karena tidak ada yang mau melakukan upaya penyelesaian dan kedua belah pihak mempunyai kekuatan yang seimbang.

Keadaan tersebut terjadi karena tidak mungkin bagi kedua belah pihak untuk maju (karena adanya keseimbangan kekuatan) atau mundur (karena harga diri dan keinginannya belum terpenuhi). Contoh kebuntuan adalah antara Amerika Serikat dan Korea Utara dalam masalah nuklir.

8. Konsiliasi

Konsiliasi merupakan akomodasi yang dilakukan untuk memuaskan keinginan kedua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama. Pertemuan tersebut hanya dapat dilakukan dalam suasana formal.

Contoh konsiliasi ialah pertemuan antara pemerintah, pengusaha dan pekerja untuk menentukan UMR.

 

Tujuan Akomodasi

Tujuan dari akomodasi adalah untuk dapat menyelesaikan dan mengurangi konflik antar individu atau kelompok masyarakat akibat perbedaan pemahaman, sehingga diharapkan akan muncul kerjasama antar individu yang berada dalam konflik.

 

Jenis-Jenis Akomodasi

Berikut adalah berbagai jenis akomodasi, antara lain sebagai berikut:

Hotel

Hotel merupakan suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan akomodasi, makanan dan minuman serta pelayanan lainnya untuk umum yang dikelola secara komersial.

Motel

Ada beberapa pengertian motel, yaitu:

Bangunan yang berada di luar pusat kota dan sekat area jalan raya (high way), umumnya di dalam gedung menerima akomodasi berupa apartemen dan dapat digunakan untuk tempat tinggal kurang dari 24 jam, yaitu apartemen memiliki pintu masuk sendiri dan garasi atau tempat parkir.

Gabungan dua kata yaitu motor dan hotel yaitu hotel yang menawarkan fasilitas khusus yaitu kendaraan bermotor.

Motor hotel, merupakan jenis akomodasi yang biasanya terdapat di dua kota besar, dimana pengendara dapat beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya, Mobil dapat diparkir di dekat kamar pemilik.

Guest House

Merupakan Jenis akomodasi yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi yang diperuntukkan bagi tamu yang bermalam yang menerima layanan makanan dan minuman.

Pada Pengertiannya, guest house adalah akomodasi yang memiliki fasilitas sederhana. Termasuk dalam jenis ini, di Indonesia dikenal dengan sebutan Pondok Wisata.

Youth Hostel

Merupakan bangunan untuk pejalan kaki muda, pengendara sepeda, dll. untuk tinggal dan makan atau menyediakan makanan sendiri dengan harga murah.

Apartemen

Merupakan sebuah bangunan yang menyediakan layanan akomodasi jangka panjang untuk banyak orang di unit terpisah dengan satu ruang tamu atau ruang makan.

Apartement Hotel

Merupakan Bangunan bertipe hotel yang terdiri dari beberapa apartemen yang tidak menyediakan layanan katering.

Sanotarium

Merupakan Tempat penginapan atau peristirahatan yang menyediakan tempat menginapan dan makanan sehat bagi wisatawan yang menderita penyakit tertentu.

Bungalow

Merupakan Suatu jenis akomodasi berupa rumah yang terletak di kawasan pegunungan yang disewakan kepada keluarga sebagai tempat peristirahatan saat liburan. Penginapan dan layanan lainnya (tanpa katering) untuk beberapa orang pada waktu yang bersamaan.

Ryokan

Sebuah Penginapan khas Jepang menurut adat istiadat negaranya. Perlengkapan dan layanan tersebut sepenuhnya disesuaikan dengan adat istiadat kehidupan negara Jepang, seperti upacara minum teh, duduk bersila di lantai, memakai kimono, dll.

Mess

Suatu Jenis akomodasi yang disediakan dan dibangun sebagai tempat tinggal bagi pegawai, karyawan, atau anggota agensi dalam kelompok tertentu (lajang, perwira, peserta pelatihan).

Dengan kata lain, mess merupakan penginapan dengan atau tanpa makan, disediakan untuk pejabat resmi instansi, jawatan atau perusahaan tertentu dengan pembayaran yang rendah dan diatur tersendiri oleh jawatan, instansi atau perusahaan yang bersangkutan.

Home Stay

Merupakan Jenis akomodasi yang berasal dari rumah masyarakat yang sarana dan fasilitasnya telah diperbaiki sehingga memenuhi syarat kesehatan, serta disewakan kepada wisatawan.

Losmen

Suatu Jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan rumah yang menyediakan akomodasi dengan atau tanpa makanan dan minuman bagi semua yang datang untuk beristirahat sementara.

Inn

Tempat yang menyediakan akomodasi, makanan dan minuman, dan juga layanan umum lainnya, serta disewakan kepada orang yang singgah sementara melewati masa inap terbatas.

Rooming House

Jenis bangunan atau bagian dari sebuah bangunan tanpa peralatan atau perlengkapan (, eubelair) yang disewakan untuk waktu yang singkat kepada lebih dari 2 penyewa yang bukan anggota keluarga pemilik bangunan.

Schutzhutte

Merupakan Akomodasi di kawasan pegunungan Alpen digunakan wisatawan untuk melindungi diri dari angin kencang, topan dan salju, terutama oleh olahragawan ski dan pekerja di kawasan pegunungan.

Cottage

Jenis akomodasi yang terletak di sekitar danau atau pantai dalam bentuk bangunan terpisah, disewakan untuk keluarga, dan dilengkapi dengan fasilitas rekreasi.

Kurhotel atau Kurpension

Hotel atau pension yang berada di suatu kawasan wisata kesehatan tunduk pada aturan yang berlaku di kawasan tujuan wisata.

Banyak dari mereka menyediakan mandi mineral dan pengobatan khusus seperti yang diarahkan oleh spesialis medis.

Dalam hal ini juga termasuk kurhouse, serta akomodasi yang memenuhi kondisi medis dan memiliki fasilitas untuk pesta, malam (kegiatan malam yang menyenangkan), kasino,konser, dll, misalnya spa di dekat Ciater.

 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akomodasi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website kami untuk mendapatkan artikel – artikel menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :