Pengertian Diplomasi

Posted on

Pengertian Diplomasi – Hai sahabat Bagipengetahuan.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Diplomasi dimana dalam hal ini mengenai Pengertian, Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Diplomasi
Pengertian Diplomasi

 

Pengertian Diplomasi

Diplomasi ialah sarana bernegosiasi untuk mencapai tujuan yang dipimpin oleh diplomat yang mewakili suatu negara atau organisasi. Diplomasi merupakan sarana penyampaian pesan dengan tujuan tertentu melalui pembicara dalam negosiasi khusus.

Secara umum istilah diplomasi selalu berkaitan dengan hubungan internasional yang menunjang segala macam kebutuhan suatu negara ataupun kebutuhan organisasi seperti perdagangan, ekonomi, budaya, perdamaian, dll.

 

Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian Diplomasi menurut beberapa ahli:

Menururt Geoffrey McDermott

Diplomasi adalah pertimbangan dalam penyelenggaraan hubungan internasional, setiap negara, seberapapun tangguhnya dan juga ukurannya , selalu ingin mempertahankan atau juga mengembangkan posisinya di dunia internasional, begitulah adanya, walaupun sebenarnya akan lebih baik. jika ada lebih sedikit negara dengan panggilan nasional di dunia ini.

Menurut Suwardi Wiriaatmadja

Suwardi Wiriaatmadja berpendapat diplomasi ialah bahwa dalam diplomasi terdapat tata cara hubungan antar negara yang bebas dan bergantung pada kemampuan dan keterampilan mereka yang melakukan diplomasi.

Menurut Honoré de Balzac

Honoré de Balzac berpendapat diplomasi ialah ilmu pengetahuan bagi mereka yang tidak memiliki kuasa, ilmu pengetahuan menyenangkan untuk memenuhi dirinya sendiri, ilmu yang memungkinkan praktisi untuk tidak berkata apa-apa dan berlindung dibalik anggukan kepala yang misterius, sebuah ilmu yang mengatakan eksponen paling berhasil, pada akhirnya, adalah yang mampu berenang bersama kepalanya diatas arus kejadian yang mereka klaim meraka lakukan.

Menurut David W Ziegler

Diplomasi adalah mesin atau alat bantu politik luar negeri suatu negara, pentingnya diplomasi ini sangat utama untuk berkomunikasi dengan negara lain di dunia agar dapat menjaga perdamaian dunia. Karena ini salah satu faktor penyebab meletusnya perang (war) adalah karena kurangnya komunikasi antar negara yang berperang, seperti kasus perang dunia.

Menurut Charles Burton Marshall

Menurut Charles Burton Marshall Definisi diplomasi adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pendapat dan kebijakan negara lain dan untuk mengkomunikasikan pandangan negaranya sendiri kepada pemerintah negara lain dengan sopan dan dengan batasan tertentu, tetapi juga dengan kepastian dan ketelitian.

Menurut Clausewitz

Menurut Clausewitz definisi diplomasi ialah alat mencegah terjadinya perang. Jika diplomasi gagal, dan cara perdamaian gagal, maka perang adalah pilihan terakhir.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Diplomasi terdiri dari penyelenggaraan hubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Ini juga dapat diartikan sebagai masalah kepentingan satu negara melalui perwakilannya di negara lain.

 

Tujuan Diplomasi

Tujuan diplomasi adalah untuk mencapai tujuan hubungan internasional seperti ekonomi , perdagangan dan perdamaian. Menurut S L Roy, tujuan diplomasi ini adalah sebagai berikut:

Tujuan Politik

Hal ini berkaitan dengan kebebasan politik serta keutuhan wilayahnya, dalam konteks Indonesia ialah tentang mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh dan juga melindungi kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Tujuan Ekonomi

Ini berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

Tujuan Budaya

Ini berkaitan dengan pelestarian dan pengenalan budaya nasional ke dalam kancah internasional.

Tujuan Idiologi

Hal ini berkaitan dengan mempertahankan kepercayaan dan juga keyakinan yang dianut suatu bangsa dalam konteks Negara Indonesia adalah Pancasila.

Singkatnya, tujuan negara ataupun organisasi untuk melakukan diplomasi adalah:

  • Untuk melindungi dan juga mensejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang berada di luar negeri sehingga terjamin keamanannya.
  • Untuk dapat melindungi kepentingan negara itu sendiri agar tidak dirugikan dalam politik luar negeri.
  • Untuk Mengirimkan informasi yang berguna dan bermanfaat kepada dunia internasional.
  • Menjaga dan memelihara hubungan baik dengan negara atau organisasi lain.
  • Menunjukkan eksistensi bangsa sekaligus negaranya sendiri di pentas internasional.
  • Merupakan Tujuan ekonomi yang ingin dicapai oleh suatu negara.

Fungsi Diplomasi

Seperti yang dinyatakan oleh Norman dan Howard Parkins, fungsi diplomasi adalah sebagai berikut:

  • Perwakilan (Representasi) adalah mereka yang mewakili negara asalnya dalam melakukan negosiasi, dll. dengan menyandang nama negara asal.
  • Perundingan (Negosiasi) Mereka adalah orang-orang yang bernegosiasi dengan negara lain terkait dengan masalah negara asal.
  • Laporan (Reporting) adalah perlindungan kepentingan bangsa dan warganya di luar negeri atau dalam arti melindungi negara dan warganya yang berada di negeri asing.

Fungsi Secara Umum Diplomasi

  • Mewakili pemerintah negara yang mengirim di negara tuan rumah (fungsi perwakilan).
  • Menjaga kepentingan negara di negara tuan rumah, sehingga jika suatu kasus muncul, perwakilan dapat mengambil langkah untuk mengatasinya.
  • Meningkatkan hubungan persahabatan antara negara pengirim dengan negara tuan rumah (fungsi persahabatan).
  • Melindungi kepentingan negara pengirim dan warganya di negara penerima dalam batas yang diizinkan oleh hukum internasional (fungsi perlindungan).
  • Meningkatkan kerjasama ekonomi, politik, keamanan, sosial dan budaya dengan negara tuan rumah.
  • Merima pengaduan untuk diteruskan ke pemerintah negara tuan rumah.
  • Sebagai tempat pencatatan sipil dan pengiriman paspor (bila perlu).
  • Melakukan negosiasi dengan negara tuan rumah (fungsi negosiasi).
  • Membuat kesepakatan dengan pemerintah negara tuan rumah.
  • Meneliti, menganalisa dan memberikan informasi tentang kondisi dan perkembangan negara tuan rumah sesuai dengan undang-undang dan melaporkan kepada pemerintah negara pengirim (fungsi observasi).

Tugas Diplomat

  • Melakukan politik atau kebijakan negara.
  • Melindungi kepentingan negara dan warganya.
  • Memberikan informasi, materi pengarahan dan laporan tentang perkembangan dunia yang penting untuk negara mereka.

 

Ruang Lingkup Diplomasi

Diplomasi bererkaitan erat dengan aktifitas atau kegiatan politik luar negeri dan juga hubungan internasional dengan negara lain. Biasanya hubungan internasional ini diwakili oleh seorang diplomat yang tujuannya membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan kepentingan negara yang bekerja sama.

Dengan diplomasi ini, perbedaan dan masalah tersebut dapat diselesaikan dan juga dapat menjamin kepentingan negara melalui perundingan. Jika negosiasi gagal, konflik dapat muncul antar negara.

Berikut adalah ruang lingkup diplomasi suatu negara:

1. Kementerian Luar Negeri (DEPLU)

Secara umum, DEPLU berada di ibu kota negara pengirim dan berfungsi sebagai pihak yang mengatur politik luar negeri suatu negara.

2. Perwakilan Diplomatik

Seorang perwakilan diplomatik (diplomat) berdomisili di ibu kota negara lain. Fungsi perwakilan diplomatik adalah “juru bicara dan panca indera” dari negara yang diwakilinya.

 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Diplomasi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website kami untuk mendapatkan artikel – artikel menarik dan bermanfaat.

 

Baca Juga :