Pengertian Globalisasi

Posted on

Pengertian Globalisasi – Hai sahabat bagipengetahuan.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Globalisasi dimana dalam hal ini mengenai Pengertian, Teori Globalisasi, Aspek-aspek, Dampak dan Ciri-ciri globalisasi, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

 

Pengertian Globalisasi
Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata Global yang artinya lintas batas dan Sasi yang berarti perubahan. Dengan katalain, globalisasi dapat diartikan sebagai fase perubahan yang terjadi pada masyarakat secara universal(seluruh dunia).

Yang ditandai dengan batas geografis antar negara yang tertutup oleh pertukaran informasi, barang dan jasa akibat kemajuan teknologi.

Globalisasi tidak hanya muncul, tetapi didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, akses ilmu pengetahuan yang mendalam, kemudahan dan akselerasi transportasi, serta hadirnya perusahaan multinasional yang mempengaruhi perekonomian nasional.

Para ahli berpendapat bahwa globalisasi telah terjadi sejak abad ke-20. Namun permulaan globalisasi dapat dianggap pada 1000 hingga 1500 SM jika mengacu pada perdagangan antar negara yang terjadi pertama kali.

Perdagangan ini meliputi perdagangan Kaum Muslim dengan Indonesia, Malaka, Jepang dan Cina. Serta terjadi ekspedisi maritim besar-besaran oleh orang Eropa.

 

Teori Globalisasi

Teori globalisasi ikut serta dalam memperkuat analisis globalisasi. Teori ini dipengaruhi oleh tiga aktor yang berperan penting dalam proses globalisasi, yaitu tradisionalis, globalis, dan transformator.

1. Teori Globalis

Para globalis berpendapat bahwa dengan adanya globalisasi ini dapat membawa konsekuensi langsung dalam kehidupan di seluruh dunia yaitu akan adanya serangan dari budaya homogen yang akan menyebar ke seluruh dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, para globalis yang positif mengatakan dapat menjadikan komunitas dunia yang memiliki sikap lebih terbuka serta toleran terhadap budaya di luar budayanya,

Selain itu, para globalis negatif mengatakan ini dapat merusak budaya asli setiap masyarakat dan melihatnya sebagai upaya negara adidaya untuk menjajah budaya lain.

2. Teori Tradisionalis

Pada teori ini ada orang yang tidak menyangka bahwa globalisasi sedang terjadi, mereka menganggap bahwa proses yang terjadi saat ini adalah dampak dari perubahan yang telah terjadi sejak zaman dahulu kala.

3. Teori Transformalis

Mereka merupakan orang-orang yang berada di antara globalis dan tradisionalis, yang beranggapan benar bahwa globalisasi sedang berlangsung akan tetapi terlalu dilebih-lebihkan.

 

Aspek-Aspek Globalisasi

 

Aspek Ekonomi

Dalam aspek ekonomi, globalisasi merujuk pada perubahan yang terjadi dalam mekanisme pertukaran barang serta jasa. Pada saat ini,seseorang tidak perlu lagi pergi ke Amerika Serikat untuk membeli produk fashion atau kebutuhan rumah tangga. Selain itu, meskipun seseorang memiliki banyak uang, mereka dapat membeli vila penginapan di Hawaii dengan membayar layanan konsultasi kepada agen real estat yang berlokasi di sana.

Semua produk yang terdapat di pasaran bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja dengan bantuan Internet. Kehadiran e-commerce (singkatan dari: electronic commerce atau perdagangan elektronik) seperti Amazon, Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain memudahkan pengiriman barang lintas batas.

Pemesanan sepatu yang sedang trending di Eropa hingga memesan produk kecantikan milik idola kpop di Korea dimungkinkan dengan mekanisme pengiriman internasional yang ditawarkan oleh situs e-commerce tertentu. Di era globalisasi, transaksi uang dan barang antar negara bergerak lebih cepat dari yang kita bayangkan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia.

Aspek Politik

Globalisasi memiliki pengaruh yang besar terhadap arah kebijakan politik negara di seluruh dunia. Jika sebelumnya kebijakan politik hanya berskala nasional, maka era globalisasi mendorong terintegrasinya kebijakan politik di berbagai negara dan memungkinkan terbentuknya kerjasama politik antar negara. Contoh kerja sama politik tersebut termasuk Uni Eropa (UE), Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Dalam aspek politik, globalisasi ditandai dengan beroperasinya aktivitas politik yang mengedepankan nilai-nilai universal dalam skala global. Nilai-nilai universal tersebut meliputi masalah lingkungan, hak asasi manusia, kesetaraan, dll. Banyaknya kegiatan politik yang terjadi pada negara tertentu sangat mempengaruhi negara-negara lain di belahan dunia, hal ini terutama dipengaruhi oleh keberadaan media.

Akibat dari hal tersebut adalah terjadinya fenomena gerakan sosial di tingkat global yang dilakukan oleh warga negara untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah tertentu. Untuk memperjuangkan kepentingan politiknya, warga negara yang tergabung dalam gerakan sosial tertentu akan berjejaring dengan komunitas global dan bekerja sama dengan organisasi internasional.

Aspek Sosial Budaya

Dalam aspek sosial budaya, globalisasi mengacu pada proses integrasi ide, nilai, norma, perilaku, dan bentuk kehidupan sosial. Pada pengertian ini, kebanyakan orang dibentuk oleh pengaruh komunitas dunia. Di Indonesia misalnya, kita bisa dikatakan ketinggalan zaman jika belum melihat film Deadpool atau belum mendengarkan album terbaru Adel.

USA adalah kiblat sinema dan musik dunia,Paris kiblat fashion wanita, Korea Selatan kiblat tren kecantikan, dll. Berbagai wilayah di dunia memiliki unsur sosial budaya masing-masing dan akan saling mempengaruhi seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet.

Pada dasarnya globalisasi dalam aspek sosial budaya dapat dimaknai sebagai fenomena sosial yang pada praktik budaya yang dilakukan oleh individu tidak hanya dipengaruhi oleh dirinya sendiri tetapi oleh masyarakat global.

Berada dimanapun seseorang itu , mereka memiliki potensi terpapar dengan budaya di luar negaranya. Misalnya, ada beberapa orang yang terobsesi dengan budaya kehidupan Korea Selatan melalui pengaruh idola kpop favoritnya, ada pula yang tergila-gila dengan budaya Jepang melalui film anime yang mereka tonton setiap hari. Tidak jarang wanita Indonesia mencoba mengubah penampilan hidung menjadi mancung dan kulit menjadi putih karena sudah terbiasa mengikuti keseharian selebriti Hollywood yang mereka cintai.

 

Dampak Globalisasi

Globalisasi mempunyai dampak tersendiri terhadap berbagai sektor masyarakat. Pengaruh globalisasi atau dampak globalisasi dapat bersifat positif dan negatif. berikut dampak globalisasi :

a. Dampak Positif Globalisasi

  • Kemajuan teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan masyarakat.
  • Kemudahan mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  • Kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik

b. Dampak Negatif Globalisasi

  • Budaya Barat mudah untuk masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Memudarnya nilai-nilai budaya seperti gotong royong, dll.
  • Kerusakan lingkungan dan peningkatan polusi udara.
  • Banyaknya penyelundupan barang ilegal dan terlarang

Jadi globalisasi juga berdampak pada berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan sejenisnya.

1. Dampak Pada Sektor Politik

Dengan munculnya globalisasi, pikiran politik berbagai negara menjadi lebih terbuka untuk mencapai sistem tatanegara yang lebih baik dari sebelumnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Dengan adanya sistem ketatanegaraan yang lebih baik, lembaga negara juga berubah menjadi lebih baik, misalnya di Indonesia yang sebelumnya asing dengan DPD dan Mahkamah Konstitusi, kini dengan globalisasi sudah ada dua lembaga tersebut.

Dengan adanya globalisasi, kesadaran masyarakat akan pentingnya politik jadi semakin terbuka dan muncullah partai politik.

Namun terdapat dampak negatif globalisasi di bidang politik yaitu munculnya kehausan akan kekuatan politik dan munculnya kebiasaan politik uang atau money politic yang tentu saja membuat politik menjadi kotor dan penuh dengan ketidak jujuran .

2. Dampak Pada Sektor Ekonomi

Dengan globalisasi ini maka akan semakin mudah untuk memenuhi barang yang dibutuhkan masyarakat, karena berbagai barang dari luar negeri dapat dengan mudah masuk ke dalam negeri. Sektor ekonomi kecil juga tumbuh dan berpotensi menjangkau market luar negeri.

Saat ini sudah tidak sulit lagi menerima berita dan kabar dari tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari tempat kita berada pada saat bersamaan. Segalanya tampak mudah bagi kita untuk mengetahuinya tanpa berusaha keras.

Berbeda dengan masa lalu, berita di belahan dunia lain yang terjadi sebulan yang lalu hanya akan diketahui hari ini. Tentunya keberadaan globalisasi ini juga didukung oleh keberadaan teknologi yang semakin berkembang dan semakin memudahkan kehidupan manusia. Di zaman globalisasi sekarang ini, semua yang kita lakukan menjadi lebih efisien dan efektif. Selain itu, globalisasi juga berdampak, baik efek positif maupun negatif di berbagai bidang.

 

Ciri Ciri Globalisasi

Globalisasi memiliki beberapa ciri antara lain selain berikut:

1. Perubahan Dalam Konsep Jarak dan Waktu

Berkembangnya teknologi berupa televisi, smartphone dan komunikasi internet dapat dilakukan dengan cepat. informasi dari belahan suatu dunia dapat langsung diketahui oleh seseorang di belahan dunia lain. Kemajuan dalam transportasi juga memungkinkan perjalanan ratusan atau ribuan kilometer dengan lebih cepat.

2. Adanya Saling Ketergantungan Dalam Bidang Perdagangan dan Ekonomi

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional dan juga dominasi organisasi seperti WTO(world trade Organization) atau organisasi perdagangan dunia yang mencakup perdagangan dunia, dll.

3. Terjadi Peningkatan Interaksi Budaya

Dengan televisi dan media lainnya, manusia dapat memperoleh pengetahuan baru dan belajar tentang keberagaman yang ada di dunia luar.

4. Meningkatnya Masalah Bersama

Pada Zaman globalisasi, permasalahan yang muncul di suatu negara dapat menjadi permasalahan yang menjadi kepentingan bersama atau kepentingan dunia internasional, seperti hak asasi manusia, lingkungan, kejahatan perang yang terjadi di suatu negara.

 

Faktor Globalisasi

Ada penyebab dan faktor yang pada akhirnya memungkinkan proses globalisasi ini, antara lain sebagai berikut:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada kemudahan transaksi keuangan yang terjadi di seluruh pelosok tanah air.

Belakangan ini telah banyak perkembangan di bidang teknologi yang berhubungan langsung dengan transaksi keuangan yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi tidak hanya di negara Anda sendiri tetapi di negara lain.

2. Kerja Sama Internasional Yang Luas

Penyebab kedua faktor globalisasi ialah karena terjadinya banyak kerjasama internasional yang memfasilitasi terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai negara.

Melalui sektor ekonomi inilah banyak produk luar negeri yang masuk ke dalam negeri dan sebaliknya.

3. Kemudahan Transportasi

Sistem transportasi yang semakin maju memudahkan orang untuk mengirim barang atau berpergian meski jaraknya jauh.

4. Ekonomi Terbuka

Selain itu, zaman globalisasi juga terjadi karena negara-negara di dunia ini mulai membuka diri dalam bidang ekonomi, sehingga terjadi perdagangan global yang mengakibatkan terjadinya pertukaran berbagai jenis produk dari satu negara ke negara lain.

Tentunya produk yang masuk juga mengandung budaya dan unsur dari negara lain yang mempengaruhi budaya dalam negaranya sendiri. Kemudian era globalisasi terakhir juga didorong karena pasar uang saat ini sangat global yang membuat transaksi keuangan di suatu negara semakin besar.

Pada dasarnya semua penyebab terjadinya zaman globalisasi ini disebabkan oleh kegiatan ekonomi yang semakin terbuka antar negara, yang memudahkan negara-negara di dunia untuk saling berinteraksi, menjalin kerjasama di berbagai bidang sehingga mengakibatkan masuknya budaya baru, pengetahuan baru, hal baru dari luar negeri atau sebaliknya.

 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Globalisasi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website kami untuk mendapatkan artikel – artikel menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :