Pengertian Seni

Posted on

Pengertian Seni – Hai sahabat bagipengetahuan.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Seni dimana dalam hal ini mengenai Pengertian, Menurut Para Ahli, Macam-macam seni dan Fungsi seni, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Seni
Pengertian Seni

Pengertian Seni

Seni adalah suatu karya yang memiliki nilai keindahan atau estetika yang diciptakan oleh manusia untuk menggambarkan suatu ekspresi atau kreativitas. Representasi murni yang dipancarkan dari penciptaan karya seni membuat seni menjadi ilmu pasti.

Karena keragaman seni yang berbeda-beda dari setiap orang, hal ini membuat seni sulit untuk digambarkan dan dinilai. Setiap orang memiliki pendapat serta pandangannya sendiri tentang apa yang mereka buat/ciptakan. Oleh karena itu, untuk meresapi dan mengetahui nilai seni perlu diketahui lebih dalam tentang pengertiannya, ragam dan fungsi seni.

 

Menurut Pendapat Para Ahli

 

Adapun Pengertian seni menurut para ahli yang berbeda-beda, dan berikut pengertian seni menurut beberapa Ahli :

Menurut Ki Hajar Dewantara

Seni ialah hasil dari keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah dari orang yang melihatnya, oleh sebab itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menjadikan perasaan indah tersebut menjadi seni.

Menurut James Murko

Seni ialah penjelasan tentang cita rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, lahir melalui komunikasi dengan cara yang dapat diperhatikan oleh indera pendengar (sound art), penglihatan (seni lukis), atau lahir melalui gerak (seni drama, teater).

Menurut Aristoteles

Seni ialah bentuk berupa ekspresi dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu meniru alam.

Menurut Alexander Baum Garton

Seni ialah keindahan yang memiliki maksud atau tujuan positif untuk menghibur para penikmat seni agar mereka terhibur (bahagia).

Menurut Sudarmaji

Seni ialah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman estetis dan manifestasi batin melalui sarana garis, bidang, tekstur, warna, gelap terang dan volume suatu karya (benda).

Suwaji Bastomi

Seni merupakan segala aktivitas batin yang memberikan pengalaman keindahan yang disampaikan dengan cara yang baik dan mampu memberikan rasa takjub dan emosi.

Sartono Kartodirdjo

Seni merupakan suatu sistem yang koheren yang mampu menunjukkan bagiannya secara menyeluruh, bahwa mereka mampu melakukan komunikasi secara efektif.

 

Macam-Macam Seni

Seni bisa dinikmati melalui media penglihatan (seni visual), telinga (seni audio), dan kombinasi keduanya (seni audio visual). Umumnya seni rupa dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu:

1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan suatu karya seni yang dapat dinikmati melalui media visual(Penglihatan) atau visual art.

Seni rupa menitik beratkan pada karya yang mempunyai wujud serta rupa yang diekspresikan dalam bentuk gambar, lukisan, patung, multimedia, kerajinan tangan, dan lain-lain.

2. Seni Musik

Unsur bunyi adalah unsur utama dalam seni musik. Sedangkan unsur lainnya berupa harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan salah satu bentuk sarana yang diajarkan.

Seni musik telah tumbuh dan berkembang dari zaman Renaissance hingga saat ini. Musik merupakan ciptaan manusia yang menghasilkan suara irama dan harmoni yang indah bagi pendengarnya.

3. Seni Tari

Seni Tari merupakan ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai keindahan. Gerakan dalam tari berguna sebagai sarana untuk mengkomunikasikan tujuan tertentu dari sang koreografer. Secara umum tari dipadukan dengan musik.

Dengan demikian, konsentrasi dan konsistensi gerakan tari akan lebih sempurna dalam menyampaikan perasaan dan pesan.

4. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang mewujudkan imajinasi atau menggambarkan pemikiran seseorang. Hasil imajinasi berkaitan dengan perilaku makhluk hidup, baik secara individu maupun kelompok.

5. Seni Sastra

Seni sastra adalah bentuk karya seni yang dinikmati melalui alat bantu dengar dan penglihatan. Melalui seni sastra seseorang dapat menyampaikan pesan dan kesan dengan cara indah. Contoh seni sastra antara lain kaligrafi (tulisan) dan puisi (suara) .

 

Fungsi Seni

Fungsi seni dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, Berikut kelompok senin beserta penjelasannya:

Fungsi Individu

Bagi individu, seni mempunyai fungsi sebagai sarana pemuas kebutuhan. Bentuk kebutuhan tersebut antara lain:

1. Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Intinya, manusia adalah makhluk homofaber yang memiliki kemampuan mengapresiasi keindahan dan pemanfaatan benda-benda. Padahal, seni terapan mengacu pada pemenuhan kebutuhan fisik sehingga aspek kenyamanan menjadi penting.

2. Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Emosi merupakan perasaan dalam diri manusia, apakah itu perasaan senang, sedih, marah, cinta, kegembiraan, kebencian, dll. Setiap orang perlu melepaskan perasaan batinnya agar kondisi mentalnya tetap normal.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya. Misalnya seseorang yang memiliki jiwa seni dan estetika akan mengekspresikan emosinya melalui lukisan, musik, atau hal lainnya.

Bisa juga saat seseorang merasa stres dan membutuhkan waktu untuk rekreasi, menonton film, atau hal lain untuk menghilangkan stres mentalnya.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial adalah fungsi artistik yang berguna dalam memenuhi kebutuhan sosial individu. Ada berbagai macam jenis fungsi seni sebagai fungsi sosial sebagai berikut:

1. Fungsi Pendidikan

Seni memiliki peran penting pada dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori:

  • Pendidikan informal: pendidikan di lingkungan keluarga
  • Pendidikan formal: pendidikan di lingkungan sekolah
  • Pendidikan nonformal: pendidikan di masyarakat

Melalui seni,seseorang bisa belajar tentang nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya seorang siswa dapat belajar teater atau musik, dimana kegiatan ini dapat diekspresikan kepada orang lain.

2. Fungsi Keagamaan(Religi)

Seni berperan penting dalam menyampaikan pesan-pesan agama kepada manusia. Hal ini dapat dilihat pada pakaian / busana, lagu rohani, upacara pernikahan, pemakaman, kaligrafi, dan lain sebagainya.

Misalnya gamelan yang digunakan pada upacara ngaben di Bali (gamelan gambang, luwang dan angklung). Atau di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief pada dinding candi merupakan ilustrasi kitab suci Hindu dan Buddha.

3. Fungsi Informasi

Melalui Seni Anda juga dapat menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah. Contohnya penggunaan poster dengan nilai seni yang menginformasikan tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi dan penyampaian program pemerintah. Atau bisa juga dengan pertunjukan wayang orang, wayang kulit, drama komedi, dan baliho.

4. Fungsi Hiburan

Sebagian besar yang berhubungan dengan hiburan mengandung unsur seni di mana para pelaku seni bisa mengekspresikan diri secara aktif maupun pasif. Seorang seniman bisa merasa bahagia, terharu, marah, ketika karyanya menyenangkan atau tidak disukai oleh orang lain.

 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Seni beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website kami untuk mendapatkan artikel – artikel menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :